-->

Cara flash software ponsel ala service center

Cara flash ponsel seperti di konter

Tak sedikit kerusakan di ponsel kita yang mengharuskan kita pergi ke service center ponsel. Kadang kita harus mengeluarkan biaya yang banyak untu service ponsel kita.
 Tapi kalau kita bisa memperbaiki sendiri ponsel apa salahnya di coba.

Jenis kerusakan pada ponsel


Jenis kerusakan dalam ponsel / handphon terbagi dalam dua kategori, pertama kerusakan hardware seperti rusaknya suatu komponen ponsel, dan kedua  kerusakan software seperti hank blank boot loop.

Cara perbaiki kerusakan hardware pada ponsel


Untuk solusi dari kerusakan hardware tentu kita harus mengganti komponen -komponen yang rusak atau memperbaikinya jika masih bisa. Dalam hal ini kalian harus tau teori atau cara cek komponen yang aktif dan mati, dan untuk kerusakan pada hardware (perangkat keras) anda harus punya pengalaman dalam bidang ini, karna akibat yang di timbulkan mungkin menjadikan bertambahnya kerusakan ponsel anda.

Cara perbaiki / flash software ponsel


Untuk solusi kerusakan pada software, dalam hal ini seperti hank, blank, bootloop, anda bisa flash atau instal ulang data - data ponsel anda, dan dengan cara ini ponsel akan terasa seperti baru kembali, karena setelah flash ini semua data yang di download di ponsel akan hilang.

Untuk melakukan lankah ini ada beberapa alat yang harus di persiapkan.

Sebelum anda melakukan langkah flash software ala konter ini, sebaiknya anda mengerti jenis kerusakan anda, apakah software atau hardware untuk mengetahuinya anda bisa baca
Cara mengetahui kerusakan ponsel paling mudah
Dan setelah anda mengetahuinya dan anda yakin kalau permasalahanya pada software anda jangan melakukan flashing dulu karna mungkin cara ini mungkin bisa mengatasinya: (untuk smartphon)

Flashing software tanpa pc

Jika ponsel anda masih bisa menyala dan bisa masuk ke mode recovery

  • Isi batre ponsel anda min 70%
  • Masuk dala menu recovery dengan cara tekan dan tahan tombol power+vol up hingga muncul logo dan lepaskan, atau kalian bisa cari di Google, karena cara masuk mode recovery setiap merk ponsel berbeda.
  • Dalam mode recovery pilih delete user data, dan reboot. Gunakan tombol power untuk pilih dan untuk menggeser gunakan (vol+) keatas, (vol-) kebawah.

Cara software ponsel seperti di konter


Namun jika ponsel anda bootloop tidak bisa hidup sama sekali dan anda yakin itu karena kerusakan software maka anda harus melakukan flash atau install ulang perangkat anda.

Note
Lakukan dengan hati - hati
Cari rom atau data yang sesuai dengan perangkat anda

Untuk cara flash ponsel ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan.

Hal yang perlu di persiapkan



Setelah semua persiapan di atas anda download, lanjut ke langkah flash

  • Ekstract dan install drivernya (Media Tek USB V COM) di komputer anda.
  • Ekstrak SP_Flashtools di salah satu drive komputer anda dan buka Flash_Tool.exe.
  • Pada tampilan Flash Tool, klik Scatter_Loading dan arahkan pencarian untuk mencari file scatter_emmc.txt yang ada di folder ROM android yang di download tadi.
  • Kemudian centang kotak yang ada di sebelah tulisan DA DL ALL With Checksum dan klik download. Hal ini akan  membuat proses download berjalan yang ditunjukkan dengan download bar berwarna ungu. 
  • Setelah proses download selesai, lalu dalam keadaan mati hubungkan ponsel dengan komputer menggunakan USB. Download bar akan berubah warna dari ungu menjadi kuning yang menandakan proses install ulang sedang berlangsung. 
  • Tunggu hingga muncul lingkaran hijau di Flashtool, setelah selesai kemudian hidupkan kembali ponsel anda. 
  • Jika proses booting agak lama, itu adalah normal. Tunggu selama kurang lebih 2-3 menit hingga proses booting selesai.


Begitulah cara mudah flash ponsel melalui pc

0 Response to "Cara flash software ponsel ala service center"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2