-->

Cara service motor injeksi mati karna kehabisan bahan bakar

Apa itu teknologi injeksi


Teknologi injeksi adalah suatu metode pencampuran bahan bakar dengan udara pada kendaraan bermotor untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna. Injeksi membutuhkan perangkat bernama injector, yang bertugas me-nyuplai campuran bahan bakar dengan udara. Sistem injeksi merupakan teknologi penerus sistem karburator pada kendaraan bermotor.

Teknologi injeksi ini bekerja dengan sistem ECM (electronic control modul) yang di kendalikan oleh komputer. ECM ini dapat secara otomatis mengontrol besaran bahan bakar dan udara yang pas pada kondisi – kondisi cuaca tertentu.
Pada motor injeksi terdapat sensor udara, sensor inilah yang nantinya membantu ECM dalam mengkalkulasi AFR yang tepat sesuai dengan kebutuhan mesin dan udara sekitar mesin.

Sa'at ini motor-motor keluaran terbaru 2007 ke atas sudah mulai menyematkan teknologi injeksi, teknologi yang dulunya hanya ada di kendara'an roda empat ini. Sistem injeksi lebih irit dalam konsumsi bahan bakar? Karna sistem ecm dalam motor injeksi sudah di atur oleh komputer sehingga bekerja secara otomatis sehingga memiliki pembakaran yang optimal.

Motor injeksi rusak jika sampai kehabisan bahan bakar

Untuk kasus ini kalian pasti pernah dengar kan, padahal hal ini adalah anggapan yang salah? memang sih kalau kehabisan bahan bakar motor akan mogok meski sudah di isi bahan bakar lagi, namun perlu di ketahui hal ini terjadi bukan karna sistem injeksinya yang rusak tapi hal ini terjadi karna pompa untuk menyalurkan bahan bakar belum bekerja maksimal karna kosongnya ruang dalam saluran pompa akibat dari kosongnya bahan bakar di tanki motor.

Lalu bagaimana agar motor bisa hidup lagi


Langkah-langkah agar motor bisa bisa hidup lagi adalah sebagai berikut

Setelah bahan bakar di isi kembali putarlah kunci dari off ke on 3 sampai 4 kali, lalu baru coba hifupkan mesin, langkah memutar kunci ini memberikan kesempatan pompa bahan bakar untuk memompa asupan bahan bakar ke ruang pembakaran. Kalau mendengar bunyi berdengung saat posisi ON, itu tanda pompa bekerja. Lakukan beberapa kali.

Tapi perlu di ingat jangan sampai kehabisan bahan bakar berulang ulang karna hal ini kan menyebabkan rusaknya sistem injeksi.

0 Response to "Cara service motor injeksi mati karna kehabisan bahan bakar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2