Cara Mengetahui Kerusakan Pada Motor Injeksi
2018-04-10
Add Comment
Apakah fungsi lampu indikator pada motor injeksi, apakah ada pengaruhnya pada atas kerusakan motor injeksi anda.
Kedipan lampu indikator atau MIL (Malfunction Indicator Light) pada motor injeksi bisa menjadi tanda adanya kerusakan pada motor injeksi anda seperti lampu indikator pada speedometer yang berkedip terus menerus, ada kemungkinan terjadi kerusakan sensor pada motor injeksi anda.
Sepeda motor berteknologi injeksi dilengkapi dengan lampu indikator pada panel speedometer atau MIL (Malfunction Indicator Light) berfungsi sebagai pemberitahu kondisi mesin, khususnya sensor-sensor pada sepeda motor,hal ini akan mempermudah kita untuk mengetahui kerusakan pada motor injeksi anda
Untuk mengetahui kerusakan yang terjadi, Anda bisa melakukan penghitungan pada jumlah kedipan yang muncul.
Kedipan lampu indikator pada speedomater terdiri atas satuan dan puluhan. Untuk satuan lampu berkedip antara 0,3 atau 0,4 detik. Sedangkan puluhan ditandai dengan kedipan lebih lama yaitu 1.3, Jumlah kedipan ini nantinya akan membentuk kode yang merepresentasikan kerusakan. Untuk mengetahui kerusakan pada motor injeksi anda, anda bisa memperhatikan atau menghitung berapa jumlah kedipan di lampu indikator motor injeksi anda, yaitu pada saat anda mau menghidupkan motor dengan menggeser kunci kontak dari Off ke On di sini anda bisa mulai menghitung berapa kedipan pada lampu indikator pada panel speedmater motor injeksi anda.
Di bawah ini daftar jumlah kedipan dan kerusakan yang terjadi pada motor injeksi anda:
Tabel Kerusakan Motor Injeksi Berdasarkan Lampu Indikator
Jumlah Kedipan | Jenis Kerusakan |
---|---|
1 kedipan | Kode ini memastikan motor Anda mengalami kerusakan pada Manifold Absolute Pressure (MAP) yang mendeteksi tingkat kevakuman pada intake manifold. |
7 kedipan | Apabila kode ini muncul, Engine Oli Temperatura atau Engine Coolent Temperature mengalami gangguan. Gangguan ini menyebabkan sistem pembakaran tidak bisa bekerja secara maksimal yang berimbas pada pemborosan bahan bakar. |
8 kedipan | Kode ini menunjukkan terjadinya gangguan pada sensor Throttle Position. Kerusakan pada sensor tersebut menyebabkan pemborosan bahan bakar dan sulit starter. |
9 kedipan | Dipastikan Intake Air Temperature Anda mengalami gangguan. IAT sendiri bekerja dengan cara mendeteksi suhu udara yang melewati throttle body, kemudian mengubah suhu menjadi sinyal listrik yang dikirim ke ECU. Dengan adanya sensor IAT, jumlah bahan bakar yang diinjeksikan akan selalu pada tingkat yang optimal. |
12 kedipan | Kode ini menunjukkan Injector sepeda motor Anda mengalami masalah. Gangguan ini biasanya menyebabkan motor tak bisa dinyalakan. |
21 kedipan | Gangguan sensor O2 akan diproyeksikan melalui kode ini. Sensor ini sendiri befungsi untuk mendeteksi gas buang terhadap gas-gas beracun dan kondisi pembakaran mesin. |
29 kedipan | Idle Air Control Valve merupakan komponen yang membantu dalam penyalaan mesin. Apabila kode ini muncul, dipastikan IACV Anda mengalami gangguan. |
33 kedipan | Apabila Anda mengalami kode ini, dipastikan sepeda motor Anda tidak akan bisa menayala. Pasalnya kode ini mengindikasi bahwa terjadi gangguan pada ECM (Engine Control Module) yang merupakan otak dari seluruh pengaturan sistem injeksi. |
54 kedipan | Kode ini menunjukkan terjadi kerusakan pada sensor Bank Angle. Sensor ini berfungsi mematikan tenaga ketika mesin mengalami kemiringan mencapai 60 derajat. |
Jumlah kedipan yang terjadi karna adanya kerusakan pada motor injeksi anda, yang saya rangkum dari situs berita viva hal ini di dasarkan pada kode standar (lampu indikator) Honda namun hal ini mungkin berlaku untuk kendaraan bermotor selain dari Honda.
0 Response to "Cara Mengetahui Kerusakan Pada Motor Injeksi"
Post a Comment